Lost in Love *SG II

welcome back !
I'm officially graduate!!. thank you guys doanya.
baru muncul lagi setelah berbulan-bulan menghilang dari dunia penulisan ringan. Setelah skripsi yang super singkat (kira-kira cuma tiga bulan apa kurang ya? dengan sumber yang hampir jumlahnya ratusan, kok bisa? pengen tau? komen aja kalau pengen gue kasih tipsnya ya)

Dipostingan sebelumnya gue pernah janji gitu ya buat nulis tentang nyasarnya gue di SG hari kedua.
(Anggap saja ku sedang rindu liburan tapi tak ada dana makanya merecall saja)

Hari kedua di SG gue memulainya dengan subuh yang kesiangan, karena beda sejam dengan Indonesia bagian barat di sana menunjukan waktu 6.30. disitu gue bingung kaya orang linglung gitu  langsung ke toilet dan mulai solat di kasur. kenapa di kasur? di bawah isinya barang si bule-bule cakep kalo gue geser takutnya di sangka maling.
Akhirnya abis itu gue mandi dan packing buat next destination sekalian pulang. sebelumnya gue sarapan dulu di hostel mumpung gratis. Makan roti dan sereal dan gue typical ga kenyang gitu loh kalau makan roti aja. Akhirnya gue makan pop mie lagi tanpa rasa malu. Si bule pada ngobrol haha hihi gue serius aja sendiri nunggu mie mateng sambil makan sereal terus cus langsung lahap mie dan susu segelas full (bukan rakus karena kita ga tau lagi kapan ketemu makanan yang murah haha). Eitss sebelum berangkat dengan malu-malu yang malu-maluin gue bikin dua lapis roti dan dibungkus tisu kalo aja di jalan nanti kruyuk-kruyuk laper :)
And I'm ready to go to first destination !
Rencana semula mau ke China Town tapi yaps! lagi-lagi nyasar eh bukan deh kali ini kelewatan turun halte buat nyambung ke tujuan.
Setelah dua halte baru sadar dan akhirnya denger nama "Bugis Street" nama yang tak asing (soalnya suka denger di TV). Akhirnya kenapa gak sekalian coba kesana?
Akhirnya turun di Bugis Street dan malah tengil masuk Mall dan liat-liat sambil ngelus dadan, nelen ludah. akhirnya we decided to go out.
Akhirnya ketemu semacam skywalk gitu dan ternyata it was save my life. Itu menuju pasar yang isinya ya allah segala macem yang murah dan banyak (penting sih ini buat gue). Di sini sih gue agak kalap karena dari kemaren cuma bisa ngeliatin sambil inget isi dollar yang cuma berapa lembar doang.
Tips sih ini dari gue, kalau kalian mau banyak beli oleh-oleh makanan cemilan murah-meriah Bugis Street tempat yang tepat tapi kalo oleh-oleh benda-benda gitu mending ke China Town aja. karena bedanya lumayan.
setelah belanja dari Bugis Street tetep eksis

Setelah lelah memperkirakan isi dompet akhirnya menyudahi kegiatan belanja yang lumayan menguras pundi-pundi dollar padahal masih mau belanja sih itu.
Akhirnya berbekal peta yang diambil di stasiun MRT gue melanjutkan perjalanan menuju Little India. Sampai sana agak shock gitu karena bau-bau menyan.
Menuju Little India

samapai di Little India, So Colourful
Turun dari stasiun kulit-kulit hitam ala India semakin banyak. gue pikir sih bakalan ketemu yang model Kajool apa Shah Rukh Khan gitu, soalnya sepanjang stasiun isinya foto artis Bollywood yang kece itu. Tapi gak apa yang penting gue tau atmosfir kerennya berasa di INDIAAAA. Gak heran sih kenapa banyak India yang hitam karena pada abad 19 orang India yang datang ke Singapore itu berstatus sebagai tahanan Rafles (kaya di Indonesia SG juga dijajah sama Belanda) yang kemudian dipekerjakan untuk membangun infrastruktur. India yang putih juga bisa jadi item kalii kalo kerjanya jadi kuli yakan? :d
Jadi paS kesana itu kaya lagi ada perayaan entah apa itu tapi yang jelas ada satu kuil yang jadi destinasi wisata juga dan luckyly gue juga bisa masuk dan lihat. Sempet hampir salah masuk karena pintunya banyak banget.
hampir salah pintu vroh!

pintu masuk kuil, dibalik orang-orang itu ada batas suci

Sebelum masuk kuil semua orang wajib lepas alas kaki mereka, kaya di Masjid ada batas sucinya. Bedanya ini ada yang ngejagain gitu karean crowded banget gitu. Pas masuk ke dalam kuil kepala tuing tuing (entah gue harus bilang itu bauk apa wangi serasa semua bunga ada di sana) karena banyak banget sesajen bau menyan bau bunga jadi satu. Dalam satu ruangan beberapa ritual yang berbeda dan cukup unik sih buat gue sebagai turis. Ga kuat berlama-lama di dalam ruangan itu akhirnya keliling dan amazed sih sama ornamen yang bener-bener detail dan yang bikin gue suka itu warna warni. Entah seberapa bagusnya itu tapi gue tak kuat berlama-lama di sana. Akhirnya gak banyak ambil foto udah kebauan pengen keluar. Akhirnya keluar dan mengandalkan peta kaya Dora the Explorer.
kondisi dalam kuil banyak ornamen ala film Krisna

Niatnya mau langsung cus ke stasiun dan cus ke China Town tapi ketika perjalanan menuju stasiun ternyata ada sebuah bangunan yang sebenernya biasa aja dan di gembok dan terlihat sepi. Tapi gue penasaran tiap yang keluar dari sana itu pake peci dan selendang buat perempuannya. Sampai akhirnya gue menemukan tulisan masjid. Tadinya mau masuk tapi kelihat sepi dan kayaknya ada waktu tertentu aja buat masuk dan alhasil Cuma foto-foto aja di depannya. Dan disinilah gue disangka orang India.
Setelah foto-foto gue berniat nyebarang buat nyari stasiun Cuma gue ketinggalan keburu lampu hijau dan ada ibu-ibu senyum sambil ngajak ngomong bahasa yang gue ga ngerti. Gue bilang aja “sorry i cant understand” (sambil nyengir). Akhirnya dia juga nyengir entah dia ngerti apa kaga ya sama bahasa gue barusan. Hasil analiasa gue berdasarkan keilmuan gue sedari kecil yang suka nonton drama bollywoodnya Shah Rukh Khan itu adalah bahasa India. Dan gue abis itu mikir “gue seitem itu ya? Eh apa gue semancung mereka ampe disangka orang India?”

palang dekat masjid berisi sejarah masjid

masjid tampak depan

Setelah dari euforia bollywoodan gue berangkat menuju dunia yang gue dambakan (dunia belanja ) alias China Town yang kata orang surganya dunia oleh-oleh murah di SG.
Welcome China Town!

Sampai di sana warna-warna cerah keliahatan di sepanjang jalannya banyak hiasan lucu ala-ala chinese. Semua capek rasanya hilang seketika lihat belanjaan yang wow.
kalap cyin kalau lihat yang murah-murah

Tips: belanja sebanyak mungkin ditempat ini karena menurut gue ini satu-satunya tempat yang murah di SG. Sisanya nguras kantong banget. Tapi kalo kalian bukan backpackeran dan punya brankas berjalan apalagi belanja tinggal gesek nah ini bukan tempat yang cocok buat kalian. Soalnya barangnya ya murah dan kualitasnya standard lah. Tapi ada juga kok toko yang barangnya bagus-bagus. Pokoknya khusus backpaker dengan duit minim tapi mau oleh-oleh banyak wajib kudu kesini sih. Muraahhhhh parahhh seantero SG!
Setelah kalap belanja dan persediaan duitpun melemah baru terasa perut ini lapar. Dan akhirnya nemuin food court tapi super ragu karena itu china semua dan gak ada label halalnya. God save me baru inget punya roti dua lapis yang dibungkus pake tissu di tas kamera. Lumayan buat recharging lah. Akhirnya entah mau kemana lagi dan akhirnya memutuskan untuk ala-ala mau tau Orchard Road padahal mah kesana juga gak tau mau ngapain. Setau gue di sana Cuma ada mall.

kuil yang tak boleh dimasuki sembarang orang

bye China Town!
welcome Orchard!

kondisi stasiun menuju Orchard

Orchard Road jalan dikit kesana ada tempat buat foto juga namanya istana palace. Lumayan buat upload-upload lucu lah ya.
Di sana banyak taman sih, lihat-lihat orang yang berduit ngabisin duit dalem mall aja sambi foto-foto.
Di Orcahrd ga lama soalnya ga tau mau apa, kita langsung deh meluncur ke Merlion lagi buat liat di sana kalau siang semeriah apa sekalian nyari jajanan buat ganjel perut. Akhirnya balik ke Marina bay dan sekaligus menjadi penutup perjalanan terakhir di SG.
Padahal masih mau ke Garden bay the bay tapi lelah jalan kaki dan masih mau ke Universal studi (depannya doang) salnya mana mampu backpaker kaya aku gini ke Universal studio yang masuknya aja bisa bertahan sehari lagi di SG.

bergaya ala turis depan statue di Orchard Mall

situasi di depan Orchard Mall
ORCHARD ROAD!

Marina Bay Sands!

Akhirnya memutuskan untuk pulang naik kapal very. Sesampainya disana kita mau mlangin kartu your singapore trip eh taunya loketnya baru buka jam lima sore waktu SG dan kita ga tau mau kemana lagi karena udah lelah akhirnya gue memutuskan duduk aja kaya gembel deket loket udah ga punya malu lagi deh gue sambil ngobrol dan duduk santai dan jadi tempat orang yang mau nuker kartu juga.
Lumayan loh 10 dollar buat beli jajanan di pelabuhan SG atau Batam nanti. Ya pasti ditunggulah sama gue. Tepat pukul lima gue nuker itu kartu dan cus ke pelabuhan emang dasar cewek banget ya gue. Liat ada nutella dan milo singapore yang pas sama sisa duit ya mampir lah gue kesna. Duit itu udah gue perkirakan sebelumnya. Jadi pas mau nuker tiket di kapal yang terkahir jam 6 kita kaget karena harus bayar pajak dan lumayan. Mampus lah gue udah ga ada duit sama sekali.
Gue masih ada pegangan rupiah sih dan muter-muter cari money changer dan harga dollar di Sgnya sendiri lebih mahal. Mampus gue kalo gini. Gagal pulang, bisa ditahan sama imigrasi yang ada karena janjinya Cuma dua hari. Gue muter-muter bingung kemana cari money changer yang muah harganya dan ga nemu rata-rata beda Cuma berapa ratus perak doang. Dan alhamdulillahnya beasiswa gue turun dari kampus. it was save my life.

duduk di Lantai serasa gemvel
 Untngya atm gue itu berlogo visa jadi bisa ngambil duit di sana. Lewat atm bank CIMB soalnya yang lain antre dan gue ga ngerti wkwk. Kan malu ya gaes kalo ke atm kaga ngerti diantrein orang.
Akhirnya gue pilih atm yang paling sepi dan ngotak ngatik dan lumayan uang gue melayng 100rb. Karena berapa kali gue salah dan kena charge antar bank. Kalo diinget mending tuker di money changer aja. Tapi duit tunai gue juga ga cukup akhirnya gue ambil di bank  balik dengan lari-lari pas sampai sana. Kita udah gabisa beli tiket lagi untuk kebarangkatan itu karena udah jadwalnya antre. Okey fine akhirnya gue baru bisa naik jam 8 malem. Lemes asli sih lemes banget. Itu berarti gue gabisa balik ke Bintan karena kapal ke Bintan terkahir itu sore. Dari pagi belum ketemu nasi dan di sana ada semacam sevel gitu dan jual nasi kebuli lagi-lagi selamat maag gajadi kambuh. Untung tadi ambil uang lebih dan bisa beli makan.

makanan penyelamat !

bye SG see you later

Sampai di Batam lagi-lagi kelaperan dan memutuskan untuk ambil uang (lagi) belagu dikit pas sampe nyesek duit beasiswa melayang buat makan doang yang mahal.
Sampai Batam malem dan bingung harus kemana. Harga penginapan lumayan mahal dan jaraknya jauh kalo mau yang murah. Muter otak gimana caranya bisa bertahan di Batam. Akhirnya temen gue ada temen orang Batam yang lagi kuliah di Sana. Gue terselamatkan nginep di sana semalem dan jarakanya lumayan jauh dari pusat kota.

sebelum balik gak afdhol sih ga jalan-jalan di Batam

Kocaknya temen gue yang laki dia numpang nginep sama temennya yang laki tapii ya tapi dia baru kenal via sosmed dan belum pernah ketemu sama sekali. Akhirnya kita cewek-cewek ledekin dia hati-hati loh di Batam pembunuhan banyak atau jangan-jangan dia gay. Bener aja tiba-tiba ban motor pecah dan dia disuruh tunggu di pinggir jalan yang sepi. Gue ga kebayang sih itu kalo jadi dia.
Lama nunggu dia takut karena ga ada satupun orang akhir dia mutusin buat jalan kaki dan nyari kendaraan yang bisa dia tumpangin ke kosan tempat gue tumpangi. Lumayan lama dia jalan dan akhirnya dia ketemu bapak-bapak naik motor dan dia cukup yakin kalau itu orang baik. Dan dia dianter ke kosan plus ke penginapan yang murah meriah.
Selamat lah kami malam itu dan esok harinya kembali ke Bintan dengan selamat dan lanjut liburan di Bintan. Yaitu Lagoi !
Itu tadi cerita pengalaman yang luar biasa gue di SG
see you in other travel chance !