Daftar KKN Kebangsaan 2017 ? Aku siap!

Hi !
Im back

Kartu peserta KKN Kebangsaan 2016

Dari kemarin banyak banget (ga sebanyak itu sih) yang minta gue nulis lagi apalagi tentang KKN Kebangsaan. Bukan tidak mau jawab pertanyaan adik-adik satu persatu, kaka mu ini suka late respone soalnya. Ok ! buat bayar hutang pertanyaan ke kalian, di sini bakal dijawab pertanyaan yang sering muncul ya.
Sebetulnya beberapa pertanyaan sudah ada di tulisan ku sebelumnya tapi mungkin kalian kurang paham karena mungkin kurang jelas kali ya.


         Keluarga Baru dari berbagai Universitas di Indonesia

Read carefully ya dekadek 😉

Kalau ditulisan sebelumnya hanya gambaran umum saja mengenai pendaftaran awal KKN Kebangsaan di kampus tercinta sekarang mungkin lebih detail kali ya supaya adik-adik juga terbantu 😊

Tutorial detail daftar KKN Kebangsaan (based on my experiences ya)

1. Daftar via AIS (Acedemic Information System)

2. Kemudian di pilihan kedua pilih KKN Kebangsaan

3. Kemudian isi pertanyaan yang ada di dalam kolom pendaftaran (yang paling banyak ditanya: keahlian khusus)
Keahlian khusus itu wajib diisi keahlian berdasarkan program studi/ jurusan dan keahlian di luar jurusan. Misal, gue jurusan Sejarah Peradaban Islam dan bisa diisi keahlian khususnya bisa membantu mengajar atau membantu pengembangan daerah di sana karena memiliki kemampuan analisa yang baik. Pokoknya sesuaikan dengan jurusan kalian. Sedangkan keahlian di luar program studi kalian bisa isi sesuai keahlian kalian. Misal; design, memasak, dan lainnya.

4. Kemudian isi rencana kegiatan. Kira-kira apa yang akan kalian lakukan jika kalian mengabdi di desa (kalo gue sih dulu isi universal, soalnya im not sure enough gue bakal lolos KKN Kebangsaan)

5. Setelah urusan di AIS selesai kalian bisa check berkas apa saja yang di butuhkan untuk daftar KKN Kebangsaan 2017. Dulu sih gue dapet info dari mulut ke mulut. Mungkin untuk kalian bisa langsung datang ke LP2M saja supaya jelas. Pastikan kalian tidak telat ya.

6. Setelah pemberkasan, SELAMAT ANDA LOLOS ! setelah mendapatkan informasi kalau kalian lolos tahap 1 akan di kabari melalu sms untuk mengikuti tahap 2 yaitu wawancara, jadi pastikan nomot kalian aktif ya ! jangan sampai kesalahan kecil membuat kalian gagal 😉😉

7. Wawancara ! siapkan diri kalian ya untuk tahap ini. Menurut gue di sini agak ribet. Seperti yang udah gue jelasin sebelumnya wawasan mengenai Indonesia dan daerah KKN Kebangsaan tahun ini kalian harus tau. (di bawah bakal gue kasih tau tema KKN Kebangsaan 2017 di Gorontalo).

8. Kalau kalian Lolos, Selamat buat berangkat ke Gorontalo.

Thats it cara daftar KKN Kebangsaan tahun lalu 😊

Oh iya banyak juga yang tanya tentang kak ini gratis atau bayar sendiri sih?

Nah FYI kalau biayanya gratis sebetulnya. Tahun 2016 tiket PP Jakarta-Batam gratis. Seharusnya kita mendapat uang dari universitas tuan rumah tetapi karena ada beberapa kendala di tahun kami jadilah, kami harus mengeluarkan uang jajan sendiri termasuk uang program. Jadi siapkan saja dari sekarang. hehe. Uang yang kalian keluarin gak seberapa dengan pengalaman yang didapat kok. Di sana kalian bisa baik-baik sama warga nanti juga dapet makan gratis (pengalaman). Gausah khawatir urusan perut.

Ingat tujuan kita untuk KKN yaitu membangun desa yang akan ditempati, memberdayakan masyarakat, memberikan pengetahuan pada masyarakat, dan banyak lagi. Jangan sampai tujuan mulia KKN Kebangsaan ternodai ya adik-adik 

Kak nanti pertanyaannya susah gak sih? Terus pake bahasa inggris? Siapa yang wawancara?

Buat wawancara kalian tidak usah khawatir siapkan diri banyak baca tentang Indonesia tentang Gorontalo, dan taraaaa ini dia tema KKN Kebangsaan 2017 “Merajut Tali Kebangsaan Melalui Penerapan Program Konservasi Lingkungan Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan Berbasis Pemberdayaan”. Tuh kalian enak banget gue kasih tau kan. Coba bilang apa sama kaka iniiiii (hahaha).
Tenang aja wawancara Indonesia kok, kan KKNnya di Indonesia.
Pewawancara dari pihak kampus, karena kita merupakan delegasi kampus.

Terus apa lagi ya? Banyak pertanyaan lainnya sih tapi lupaaa
Komen aja yaak silahkan atau PC saya via Instagram di @alfidamarifatul



Warna warni almamater Universitas Negeri di seluruh Indonesia

Oh iya tahun ini akan ada 69 Universitas dari seluruh Indonesia yang ikut bergabung di KKN Kebangsaan. Kebayang gak sih kalian bisa dapet temen dari Sabang sampai Merauke dan ups tahun lalu ada satu Universitas Malaysia yang ikut.

PERSIAPKAN DIRI MU !

NB: jangan lupa berdoa ya terus jangan lupa doain kaka juga supaya bisa wisuda tahun ini dan bisa melanjutkan kuliah dengan beasiswa ☺☺

Terimakasih sudah membaca.

Komentar

Anonim mengatakan…
halo ka, Nama ig kk apa ya kak? barusan ku cari gak ad wwkwkw soalnya ada beberapa hal yang ingin kutanyakan