Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan Mengabdi Pada Negeri



Hi kali ini gue bakalan post hal yang sedikit bermanfat buat junior di kampus yang mau ikut Kuliah Kerja Nyata (KKN) terutama KKN Kebangsaan.
Hampir di seluruh Universitas melaksanakan kegiatan KKN tujuannya adalah supaya mahasiswa ga Cuma bisa belajar dalam kelas saja tapi juga bisa melakukan interaksi dan sosialisasi pada masyarakat. Berbagai macam kegiatan sosial dilakukan dalam kegiatan ini. Nah kalo KKN Kebangsaan apa sih kak? Penasaran? Check this out J
Oke pertama mengenai apa sih KKN Kebangsaan?
KKN Kebangsaan itu kegiatan yang dilaksanakan oleh KEMENRISTEK dan didukung oleh lembaga lainnya. Tergantung di wilayah mana KKN Kebangsaan ini diadakan. Setiap tahun Kegiatan ini dilakukan di tempat dan tema yang berbeda. Tahun 2016 kegiatan ini dilakukan di Provinsi Kepulauan Riau dengan tema PENGEMBANGAN EKOWISATA BAHARI DAERAH 3T BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI STRATEGI MENJAGA KEDAULATAN NKRI. Sedikit bocoran tahun 2017 akan dilaksanakan di Gorontalo. Waah pasti gak sabar dong? Jangan sampe ketinggalan ikuti terus informasi dari kampus mu.
Banyak hal yang bisa kalian dapat dari KKN Kebangsaan. Mulai dari teman dari Sabang sampai Merauke, karena kegiatan ini diikuti lebih dari 40 Universitas di Indonesia termasuk satu Universitas Malaysia, pastinya kalian bisa mengunjungi tempat yang oke dan kece banget dan juga kalian jadi bisa tahu potensi wilayah Indoensia yang belum kalian ketahui, selain itu kalian juga bisa dapet ilmu serta pastinya pengalaman berharga yang gak akan terlpakan seumur hidup kalian (gue sih gitu).
KKN Kebangsaan memiliki tujuan yang berbeda tiap tahunnya tergantung lokasi diselenggarakannya. Seperti, di tahun 2016 terdapat beberapa tujuan yaitu;
  1. Meningkatkan interaksi, pemahaman dan kepedulian mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam melakukan Pengembangan Ekowisata Bahari di Kepulaun Riau.
  2. Memperkokoh rasa kebangsaan dan menjadi ajang perekat antar mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi dan daerah di Indonesia.
  3. Memperkenalkan potensi dan tantangan pengembangan Ekowisata Bahari Di Provinsi Kepulauan Riau
Sebetulnya masih banyak sih informasi mengenai KKN Kebangsaan. Penasaran? Silahkan daftar KKN Kebangsaan karena di sana kalian bakal dikasih informasi lengkap mengenai sejarah, kegiatan, dan lainnya mengenai KKN K dengan detail.
Next, gimana cara daftar?
Untuk mengikuti KKN Kebangsaan kalian butuh effort lebih dibandingkan KKN Reguler tapi tetep kok keduanya pasti ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda dalam menyeleksi peserta KKN Kebangsaan.
Kalau di UIN Jakarta (kampus gue) terdapat dua tahapan pertama adalah seleksi berkas dan wawancara.  Pertama, silahkan cek Academic Information System (AIS) di kolom pendaftaran KKN sebetulnya nanti kalian bakal paham sendiri sih tapi gak apa ya di jelasin biar lebih mudah ketika kalian mendaftar. Setelah masuk ke kolom KKN kalian akan menemukan kolom daftar di sana terdapat dua kolom yaitu KKN Wajib (itu harus di pilih KKN Reguler karena kalo gak lolos KKN Kebangsaan kalian ikut KKN Reguler) dan KKN pilihan di sana terdapat tiga pilihan yaitu KKN Reguler, KKN Kebangsaan, KKN Internasional. Kalian bisa pilih KKN mana yang akan diikuti. Silahkan pilih KKN Kebangsaan. Selanjutnya  di sana terdapat beberapa kolom yang harus diisi dari mulai data diri, prestasi, pengalaman organisasi, keahlian akademik dan non akademik, dan IPK. Setelah melakukan pendaftaran via AIS kemudian kalian akan diminta untuk melakukan pengumpulan berkas dengan tenggat waktu tertentu.
Oh iya untuk mengikut KKN Kebangsaan ini terdapat beberapa kualifikasi seperti IPK min. 3.00, prestasi, pengalaman organisasi, dan keahlian. Pihak panitia memiliki kualifikasi tersendiri (fyi, tahun 2016 seluruh peserta KKN Kebangsaan UIN Jakarta memiliki IPK di atas 3,5) pastinya yang terbaik karena kegiatan ini membawa nama baik Universitas. Taun 2016 dari 200 orang pendaftar dari semua fakultas terpilih 20 orang. Setiap tahun memiliki kuota yang berbeda dalam jumlah peserta. So prepare ur self guys !
Delegasi KKN Kebangsaan 2016 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Setelah proses pemberkasan akan ada pengumuman beberapa minggu setelahnya. Pengalaman kemarin setiap peserta akan dibagi kelompok ke KKN Reguler baru setelah ada pengumuman di transfer jadi peserta KKN Kebangsaan. Lumayan lama jarak antara pengumpulan berkas ke pengumuman. Kalo lulus pemberkasan congrats bakal masuk ke tahap wawancara.
Kedua, wawancara. Prepare ur self ! pertanyaan yang diberikan lumayan keren. Mulai dari wawasan mengenai Indonesia, masalah Indonesia, peran pemerintah Indonesia, solusi dari permasalahan Indonesia, ide kalian dalam solve problem, apa yang akan di lakukan sebagai mahasiswa, banyak sih sebenernya kalau dikasih tau semua ga seru ya silahkan dag dig dug der sendiri ya. Hahaha (ketawa jahat)
Setelah wawancara akan ada pengumuman akhir ! bagi yang lulus selamat menjadi bagian keluarga KKN Kebangsaan 2017 yang belum tetep semangat karena beradasarkan cerita temen-temen KKN Reguler kalo KKN mereka juga seru dan banyak pengalaman seru yang tak terlupakan.

Oh iya karena KKN Kebangsaan lebih lama sekitar 40 hari jadi,  please kalian jangan cinlok ya ! haha banyak kasus soalnya 😊😊susah anak Kebangsaan kalo cinlok LDR nya jauh mesti sebrang lautan kalo dapet orang timur eh tapi kalo kalian jodoh LDR akan terlewati kok. Cinlok boleh tapi Pastikan pasangan cinlok lo itu jomblo yaaa. Ini peringatan keras ! haha

Buat yang mau tanya2 silahkan comment ya 😊😊

Komentar