yeaay SG !

kali ini gue bakalan cerita tentang pengalaman gue berpetualang ke negeri tetangga Singapura dengan modal nekat (ga nekat banget gue udah prepare tapi pas di tkp out of the plan banget). alasan kenapa gue pilih Singapur adalah itu merupakan negara tetangga yang paling deket dari tempat KKN Kebangsaan gue di Pulau Bintan. pasti udah bisa ditebak gue naik apa ke SG. yaps! naik verry. selain paling deket sama lokasi KKN yang bikin pengen ke SG yaiu Harganya itu MURAH BANGET COY!!! dari pada gue naik pesawat dari Jakarta ke SG mungkin ongkos doang udah abis 600rb pp tapi karena naik verry cuma ngabisin uang 400rb buat pp bahkan kalau hari biasa bisa lebih murah. 
dari Bintan ga ada verry menuju SG langsung jadi harus ke Batam dulu, haha lumayan sekalian nginjekin kaki dan buat update di path. 
sampe Batam jujur gue belom tau di SG berapa lama dan belum tau akan bernaung dimana. pada akhirnya gue nanya kaka sepupu yang sudah melalang buana dan akhirnya gue kena ocehan (sayang) dan mungkin karena kasian sama adeknya yang pengen banget nginjekin kaki  di negeri orang plus ngisi paspor yang baru dibuat :) finally! di pesenin hostel yuhuuuu gue bisa bermalam di SG. 
naiklah kami ke kapal menuju SG dengan Riang :)
Pelabuhan Internasional Batam

Kondisi dalam Verry menuju SG
                                    
finally arrvd at SG! cuma butuh waktu satu jam dari Batam ke SG. sebelum verry mantap bersandar sempet banget tuh foto buat mengabadikan momen!


yuhuuu depan pelabuhan sebelum ke tempat imigrasi, sayangnya di tempat imigrasi tak boleh ambil gambar jadi tak ada gambarnya. sampai di imigrasi kita ditanya akan berapa lama dan sama siapa ke SG dan akan menginap dimana buat yang berhari-hari disana. 


Im offically stand at SG land. Harbour Front ! sumpah excited norak abis waktu sampai disini (baru pertamakaliharapmaklum)

sampai SG nyari makan dan gak tau harus makan apa akhirnya we decided to choose KFC maklum sepanjang sana nyari nasi susah jadilah ke KFC dan ternyata harganya hampir sama kaya hostel :( agak shock gitu sih tapi it's ok. ngerasain KFC SG dan ternyata nasinya gak seenak beras dari Garut (ya iyalaaah) dan yang bikin bersyukur adalah cuma di tempat ini yang wifinya connect sama hp gue dan disinilah gue mencari hostel kita dimana. sesungguhnya kami nyasar. haha

yeaay! muka hitam dekil karena hampir sebulan jadi anak pantai tetep pede buat cekrek di halte bus menuju hostel kami yang ternyata super terpencil tempatnya. maklum harganya sangat terjangkau.

the last but not least ini kartu yang dipakai selama gue di SG. kartu ini bener-bener penolong banget. karena pertama gue ga perlu isi ulang kaya orang-orang. kartu ini bisa lo pake buat naik alat transportasi apapun di SG. tinggal tap tap selesai deh bisa naik apapun sepuas yang lo mau. better than you use manual card. ada beberapa pilihan bisa pake yang sehari atau dua hari bahkan lebih harga tergantung berapa lamanya (gue lupa) pokoknya ini termasuk murah banget. oh iya, kartu ini pake jaminan harga 10 dollar SG jadi pas dipulangin kita bakal dapet lagi 10 dollar tadi. buat yang mau beli ini kartu agak susah karena bukanya gak tiap jam ada karena waktu itu gue sampe SG jam 3 sore waktu SG dan loket kartu baru buka jam 5 sore can imagine that ive to wait for 3 hours! sebenernya waktu sampe agak bingung sih muter-muter segala macem kaya orang oon gitu tapi finally i got this card.
NOTE: the best teacher in the world are experiences :) 
(btw gue udah ngantuk lain kali gue lanjut lagi gimana petualangam gue di SG selama dua hari.)

Komentar